Working Holiday Visa Australia

Standard

Hi All,
Anda berusia 18-30 tahun?
saya sekedar mau share saja berhubung banyak yang nanyain tentang visa ini. ok let see apa seeh yang di butuhkan jika ingin bepergian ke australia tanpa harus terikat jadwal pergi dan lama granted visa-nya, jawabnnya adalah apply working holiday visa sublcass 462, (sub 471 bukan untuk indonesia). karena visa ini di granted nya selama 1 tahun di mulai dari kita pertama x depart di aussie, dan tak tanggung tanggung saya yang sebelumnya BELUM PERNAH ke australia pun di granted, berikut kronologis dan informasi berdasarkan yang saya alami kemarin.
1. isi Form 1208 Application for a Work and Holiday visa, isi sesuai yang anda tahu dan ingin di informasikan ke kedutaan, ingat sejujurnya aja dan jangan lupa di foto copy biasanya ntar di suruh isi lagi kalo ada yang kurang naah disini nih harus hati-hati. pengalaman saya sudah di isi semua kelengkapan formnya tapi katanya masih ada yang kurang, sy juga heran.. tp untungnya ada foto copynya jd ga ada perubahan sama sekali dengan yang sbelumnya.
2. Visa application charge. Work and Holiday visa (462): sebenarnya Rp. 1,9 skian, tp karena di AVAC applynya jd 2,070,000 (jasa kurir)
3. Passport, sekurang2 nya masih berlaku 1 tahun.+ foto 4×6 2 lbr (nama anda di isi dibelakangnya)
4. Foto Copy Kartu keluarga yang masih berlaku, Foto Copy Akta Kelahiran (dua duanya memperlihatkan kedua orang tua)
5. If you have changed your name (eg by marriage or deed poll), a certified copy of evidence of the name change (bagi yang ada perubahan nama di passport dan di KK/AKTA, harap certified prubahan namanya di cantumkan juga)
6. Police certificates from any country in which you have lived for 12 months or more in the last 10 years ini sejenis SKCK, saya apply SKCK dari mulai RT > kelurahan/desa > Polres > Polda (dipolda anda sebutkan alasan ke australia dan jenis visa nya visa apa ditulis, di POLDA jangan lupa minta di buat langsung dalam bentuk bahsa inggris, nanti di AVAC anda kasihkan yang ORIGINAL nya.
7. Results of an IELTS, TOEFL , untuk TOEFL min score 450 (international). sedangkan IELTS 4.5 (General English), saya kemarin pakai IELTS testnya di BINUS (keamanggisan) harganya 1.5 Jt saja (ini test aja yah ga course). prosesnya 2 minggu, nanti anda datang lagi ke binus nya dengan bawa ID/Passport sesuai wkt pendaftaran.

8. Certified copy of a bank statement showing you have access to appropriate funds of at least AU$5,000. Banyak orang pasti akan FOKUS kesini, dan disinilah beban mentalnya hehe, jujur saja saya TIDAK pernah punya uang 50 JT di kantong saya, saya sendiri pekerja tapi pekerja biasa saja sama sperti anda saya sperti anak muda lainnya pandai meng hambur2kan uang😛. di AVAC anda sebaiknya kasihkan buku ORIGINAL tabungan anda (sepengalaman saya diminta). tidak tau buat apaan tp yang jelas disitu malu jg ketahuan saya anak muda yang kere..

9. Letter of Government support for application,,, Ini didapat di kantor keimigrasian Indonesia di Kuningan Jakarta, (samping wisma mulya, depannya pasar festival). nanti anda akan diminta 1 foto, KTP,KK,Akta, passport. setelah itu isi formulir pendaftaran, nanti anda datang lagi besoknya diambil di tempat yang sama. prosessnya ga ribet,, ga wawancara juga.
10. Evidence of relevant education qualifications. foto copy ijazah,D3 atau S1 (sepengalman saya di lampirkan juga ORIGINAL nya ke kedutaan)
11. Evidence of health insurance, if required. kalau ga kebeli asuransi mending pake surat keterangan aja ke Kedutaannya (declaration Letter) bahwa kita kalo dah di granted dan tinggal di sana bakal apply asuransi disana, kalo anda benar2 mau bawa asuransi dari sini, pastikan nominal harganya mampu mengcover hidup anda selama di australia.

12. check X-Ray test kesehatan di klinik yang di tunjuk AVAC/kedutaan (list klink nya bisa diminta di AVAC). sepengalaman saya harganya cuman Rp.350.000 (x-ray, test mata,urin kesehatan lainnya) setelah selesai tar langsung dikirimin ke Kedutaan langsung oleh Klinik nya, anda tinggal bawa nota/invoice nya aja ke AVAC pada saat pendaftaran, tar bakal dicantumin bahwa anda sudah cek X-ray
Catatan:
1. quota Visa 100 orang pertahun
2. belum menikah dan di bawah 30 tahun
3. belum pernah di granted visa ini sebelumnya
4. tidak bisa di perpanjang 1 tahun berikutnya (kecuali sub. 417)
5. anda berhak bekerja dengan catatan max 6 bulan untuk setiap employee, 6 bulan berikutnya anda tetap berhak kerja hanya harus nyari employee lain (berarti part time/ casual job doonk) > untuk pekerjaan Part time silahkan cari disini: http://jobsearch.gov.au/ range gaji antara 10-25 AUD per Hours nya & max 40 hours/week
6. anda berhak backpacker/traveling, volunteer, atau bantu-bantu Host (E.g helpx.net, workaway.info, WWOOF) selama setahun
7. semua document original akan di kembalian ke anda melalui AVAC
8. Pengajuan tidak perlu sponsorship, tetapi jika anda punya saudara di aussie anda boleh membuat surat sponsorship yg di Ttd oleh saudara anda.
sebagai catatan juga, saya diprosesnya sebulan (janji di infonya kan cuman 10 sampe 15 hari) ga tau knapa molor, mungkin krn liat track record sebelumnya di passport saya.
tapi alhamdulilah dapet juga bentuknya dalam surat tidak di cap apa2 di passport kita karena Aussie memakai system E-Visa. tidak usah khawatir ketika sampai di sana cukup kasih surat itu dan di bandara akan di cek.
saya heran, yang apply kebanyakan warga indo yang kuliah/kerja di ausi, ternyata visa ini ga banyak yang tahu warga di indonesia. kalau dilihat properties dari visa ini sebenarnya visa ini cocok buat anda yang ingin backpackeran (culture exchange program), mencari pengalaman hidup di Ausi dengan diberikan hak bekerja selama 6 bln utk stay disana (dapet duit di sana habis di sana)
Tips & and Trick
visa ini di buka tiap tanggal 1 july tiap tahun (dimulai tahun 2009 sbenernya). pastikan tanggal 1 atau 2 july anda sudah persiapkan semua document yang saya sebut di atas. lalu maju ke AVAC kl lengkap anda 10 hari pun beres, kl kurang tar di telp dan suruh isi kelengkapan nya lalu tunggu 10-15 hari lagi.
Tobe Honest, bagi yang mau apply bisa di lakukan tahun depannya lagi dikarenakan tahun ini sepertinya sudah habis quota 100 orang pertahun (dapet info dari temen). semoga informasi ini jadi catatan buat sesama hobi backpacker, backpacker tidak selalu fokus ke apa yang kita tuju, tp menikmati proses selalu menjadi sebuah tantang tersendiri, termasuk apply visa. dan satu kata saja sebetulnya trik &tips nya dari saya yaitu “KEJUJURAN” (anda jujur pada diri anda sendiri berarti anda telah memberikan efek positive utk orang lain). orang dinegara maju tidak takut anda mau jadi pengangguran atau melarat, yang mereka takutkan adalah aspek keamanan warga negara mereka, makanya fokuslah di point 4,5,6,9 di atas.
FYI, AVAC tidak menjamin anda digranteed mereka hanyalah pegawai KURIR
alamat AVAC:
Australian Visa Application Centre
Level 22, Plaza Asia
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 59
JAKARTA SELATAN – 12960
Opposite Pintu 1/Gate 1 Senayan
Application opening hours: 830am to 4pm – Monday to Friday
Email: info.diacid@vfshelpline.com
Website: http://www.vfs-au-id.com
Enquiry helpline: (+62)(021) 51401590 or 51401591

Thanks & Regards,
Nanang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s